Batubara |  Guna menjaga keberagaman dan memajukan budaya Simalungun sebagai satu suku masyarakat yang ada di Kabupaten Batu Bara, Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partuha Maujana Simalungun Kabupaten Batu Bara resmi dilantik, Minggu (04/12/2022).

Pelantikan dipimpin langsung Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., di Desa Laut Tador, Kecamatan Laut Tador. Turut mendampingi Bupati Zahir Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Batu Bara Safri Moesa, Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Achmadan Chair, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Darwinson Tumanggor, Camat Laut Tador Wandi serta perwakilan PT Inalum.Pelantikan Partuha Maujana mengusung tema: “Ulang Lupa Bona” (jangan lupa kepada asal) dan sub tema “Dengan melaksanakan Patappei Sihilap (Pelantikan) Partuha Maujana Simalungun Kabupaten Batu Bara ini, dapat memajukan budaya simalungun sebagai satu suku budaya masyarakat yang ada di Kabupaten Batu Bara”.

Dalam kesempatan itu, Bupati Zahir menyampaikan keanekaragaman suku di Kabupaten Batu Bara harus disatukan dalam masyarakat yang berbudaya dan diharapkan dapat dilaksanakan dan berjalan dengan baik serta berkelanjutan.

“Saya yakin, Partuha Maujana Simalungun ini dapat bekerjasama dalam membangun kondusifitas negara dan membangun bangsa Indonesia menuju manusia yang memiliki peradaban khususnya di Kabupaten Batu Bara,” ungkap Bupati Zahir.

Dilantik sebagai Ketua Partuha Maujana Simalungun Kabupaten Batu Bara Syahrizal Purba. Dalam sambutannya Syahrizal menyampaikan akan membuat kantor di Laut Tador.”Tetapi kita harus diikat kebhinekaan tunggal ika dengan tema unang lupa Bona untuk menyukseskan Batu Bara bisa, Sumut Bermartabat.” ungkap Syahrizal.

Sementara itu Ketua Umum DPP Partuha Maujana Simalungun Marsiaman Saragih, menyampaikan bahwa partuha pemangku adat istiadat dan maujana cindikiana orang yang tahu adat dan tempat bertanya dimana fungsi dan artinya, dan didirikan dari beranekaragaman serta mendukung wisata di Kabupaten Batu Bara. ( Al/red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *